Cara Membuka Aplikasi Dengan Perintah RUN di Windows



Aplikasi merupakan suatu program yang dapat digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan sesuai fungsi aplikasi itu sendiri. Selain di perangkat smartphone, aplikasi juga dapat digunakan di komputer atau laptop dengan format tertentu pastinya. Biasanya aplikasi di komputer lebih komplek dan digunakan untuk melakukan pekerjaan berat atau pekerjaan yang sulit atau pekerjaan yang tidak bisa dilakukan di smartphone.

Logo Gambar

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuka aplikasi di komputer. Selain membukanya lewat icon di desktop, Sobat dapat juga membuka aplikasi lewat menu pencarian aplikasi. Tapi tahukah Sobat, ternyata kita bisa lo membuka aplikasi di komputer dengan menggunakan perintah RUN. Bedasarkan Wikipedia, Perintah RUN adalah fitur pada sistem operasi windows yang berfungsi untuk mencari atau membuka suatu sistem yang berada pada windows, baik itu berupa program, aplikasi, file, folder, dll dengan sangat cepat. Sekadar info, sebelum membuka aplikasi lewat perintah RUN kita perlu tahu terlebih dahulu nama file aplikasi yang akan dibuka. Untuk tutorial lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut.

1. Seperti yang telah Gremenmania jelaskan tadi, kita perlu mengetahui nama file aplikasi yang akan dibuka terlebih dahulu. Caranya, Sobat cari aplikasinya pada menu pencarian, lalu klik kanan dan pilih More/Open File Location.

Seperti yang telah Gremenmania jelaskan tadi, kita perlu mengetahui nama file aplikasi yang akan dibuka terlebih dahulu. Caranya, Sobat cari aplikasinya pada menu pencarian, lalu klik kanan dan pilih More/Open File Location.

2. Pilih dan klik kanan pada file aplikasinya lalu pilih Properties.

Pilih dan klik kanan pada file aplikasinya lalu pilih Properties.

3. Untuk mengetahui nama file aplikasinya, Sobat perhatikan pada kolom Target. Nama file aplikasi Windows Media Player adalah setelah simbol \ dan diakhiri format .exe. yaitu wmplayer.exe

Untuk mengetahui nama file aplikasinya, Sobat perhatikan pada kolom Target. Nama file aplikasi Windows Media Player adalah setelah simbol \ dan diakhiri format .exe. yaitu wmplayer.exe


4. Nha..untuk membukanya lewat perintah RUN, Sobat klik secara bersamaan logo windows pada keyboard dan R. Jika berhasil maka akan muncul tab RUN.

Nha..untuk membukanya lewat perintah RUN, Sobat klik secara bersamaan logo windows pada keyboard dan R. Jika berhasil maka akan muncul tab RUN.

5. Sobat tinggal ketikkan nama file aplikasinya tadi (wmplayer.exe). Jika sudah klik OK atau enter.

Sobat tinggal ketikkan nama file aplikasinya tadi (wmplayer.exe). Jika sudah klik OK atau enter.

6. Jika berhasil, maka aplikasinya pun langsung terbuka.

Jika berhasil, maka aplikasinya pun langsung terbuka.

Untuk membuka aplikasi lainya pun caranya sama. Sobat perlu mengetahui nama filenya terlebih dahulu. Lakukan cara yang sama seperti pada point 1 sampai 3 untuk mencari nama file aplikasinya. Jika terdapat aplikasi yang lokasi penyimpanan filenya tidak dapat dibuka (contoh MS Word), Sobat tinggal buka aplikasinya lalu klik Taks Manager. Klik Detail dan cari nama filenya seperti pada gambar berikut.

Klik Detail dan cari nama filenya seperti pada gambar berikut.


Selamat mencoba Sob.


Posting Komentarmu

Lebih baru Lebih lama