Cara Main Game Sega Dreamcast di Android Dengan Emulator Reicast



Sega Dreamcast Logo


Hai Sob…Jumpa lagi dengan Gremenmania dimana semua ilmu tutorial menenai Smrtphone, Laptop maupun tip’s lain yang dapat Sobat temukan disini. Semoga dengan membaca artikel di blog sederhana ini dapat menambah pengetahuan Sobat. Ok Sob, pada kesempatan kali ini Gremenmania akan membahas mengenai bagaimana cara memainkan game Sega Dreamcast dengan menggunakan emulator Reicast. Jadi jika sebelumnya Gremenmania pernah membahas mengenai bagaimana cara memainkan game salah satu konsol retro 16 Bit terbaik di eranya yaitu Sega Genesis atau Sega Mega Drive dengan emulator MD.emu, pada kali ini kita akan flashback lagi dengan memainkan game Sega Dreamcast. Mungkin diantara Sobat bertanya mengapa harus membuat artikel ini, bukankah cara menggunakan emulator sama pada umumnya ?. Well nampaknya para gamer retro kadang mengalami sedikit masalah saat menggunakan emulator Reicast. Oleh karena itu jika Sobat mendapati masalah saat mengunakan emulator Reicast maka Sobat tepat membaca artikel ini. Yuk simak tutorialnya.


1. Pertama, Sobat download dan install emulator Reicast terlebih dahulu. Sobat bisa download emulatornya di  Play Store. Sobat juga perlu download biosnya untuk dapat memainkan gamenya nanti. Sobat bisa download biosnya DISINI.

2. Jika sudah Sobat instal , Sobat jangan buka dulu emulatornya. Sobat download file game (Romnya)  terlebih dahulu.Sobat bisa download Romnya di Coolrom.com. Pastikan Rom atau file game yang Sobat download adalah Rom untuk emulator Reicast.

3. Jika file gamenya sudah Sobat download, Sobat kemudian ekstrak file game dan biosnya tadi.

4. Lanjut lalu Sobat buat folder baru untuk tempat file game beserta biosnya. Disini saya beri nama DC. Jika sudah Sobat buat, kemudian Sobat buat folder baru di dalam folder DC dengan nama data. Tempatkan bios yang sudah diekstrak tadi di folder ini.

Lanjut lalu Sobat buat folder baru untuk tempat file game beserta biosnya. Disini saya beri nama DC. Jika sudah Sobat buat, kemudian Sobat buat folder baru di dalam folder DC dengan nama data. Tempatkan bios yang sudah diekstrak tadi di folder ini.

5. Kemudian pindahkan file game yang telah diekstrak tadi di dalam folder DC.

Kemudian pindahkan file game yang telah diekstrak tadi di dalam folder DC.

6. Jika sudah Sobat lanjut buka emulatornya.

 Jika sudah Sobat lanjut buka emulatornya.

7. Bila muncul peringatan perizinan, Sobat klik Izinkan.

Bila muncul peringatan perizinan, Sobat klik Izinkan.


8. Klik logo garis 3 di pojok kiri atas, kemudian pilih Setting.

Klik logo garis 3 di pojok kiri atas, kemudian pilih Setting.

9. Sobat harus mengaktifkan bios yang sudah Sobat download dan ekstrak tadi dengan mengklik LOCATE. Klik Browse dan cari biosnya tadi. Pastikan Sobat pilih yang dc_boot.bin

Sobat harus mengaktifkan bios yang sudah Sobat download dan ekstrak tadi dengan mengklik LOCATE. Klik Browse dan cari biosnya tadi. Pastikan Sobat pilih yang dc_boot.bin

10. Kemudian Sobat tinggal pilih gamenya yang sudah Sobat ekstrak tadi dengan mengklik Browse.

Kemudian Sobat tinggal pilih gamenya yang sudah Sobat ekstrak tadi dengan mengklik Browse.

11. Well..Selamat bernostalgia Sob.

Well..Selamat bernostalgia Sob.


Jika Sobat ingin menambahkan game, Sobat tinggal download file game nya seperti cara diatas. Untuk mempermudah pastikan setelah Sobat ekstrak file gamenya Sobat juga memindahkan file gamenya di folder yang sudah Sobat buat tadi (DC) agar mudah mengaturnya dan lebih rapi juga. Well terimakasih Sob sudah membaca dan selamat bernostalgia.



9 Komentar

  1. Nanti aku coba deh, btw gimana kalo pake hape kentang yang spek nya rendah, apa masih bisa make emolator gitu buat main game saganya?
    Mantab artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa masih bisa gan, cuman y mungkin bakal ngelag ngelag gitu...btw terimakasih gan udan berkunjung 😁.

      Hapus
  2. Untuk beberapa hp dengan os pie tombol D pad virtualnya engga muncul (walaupun masi bisa ditekan), dan problem ane cari caranya masi buntu ini masi belum solved kayanya sampe saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa diatur lewat setting atau dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti game keyboard. Terimaksih

      Hapus
  3. mas gan, kalau mau maen pake usb joystick bisa gak di emulator ini? atau harus pake aplikasi tambahan lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung bisa mas..bisa disetting dipengaturan joystick di aplikasinya...kalaupun masih kurang enak baru bisa pakai aplikasi tambahan seperti Octopus/Game Keyboard

      Hapus
  4. Kumpulan FILM INDOXXI Terbaru 2020

    Nonton MULAN
    Nonton THE NEW MUTANTS
    Nonton AFTER WE COLLIDED
    Nonton START UP
    Nonton SPACE SWEEPERS
    Nonton Film Terbaru

    Nonton Disini Drakor Terbaru
    Nonton Disini Serial MandarinTerbaru
    Nonton Disini AnimeTerbaru
    Nonton Disini Film India Terbaru
    Nonton Film Gratis
    BIOSKOP LAYAR KACA
    TERBARU DAN TERLENGKAP SILAHKAN KLIK LINK DI ATAS YA :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama