5 Aplikasi Penting Bawaan Windows Yang Jarang Diketahui Pengguna



Logo Gambar

Selain dengan memasang aplikasi atau software tambahan untuk melakukan pekerjaan dengan komputer, ternyata komputer atau laptop dengan sistem operasi windows juga terdapat aplikasi atau software bawaan yang cukup membantu. Aplikasi tambahan ini sendiri sebenarnya sudah ada cukup lama namun jarang digunakan oleh banyak pengguna, padalah jika mengingat fungsinya sendiri cukup membantu jika Sobat malas instal aplikasi tambahan. Aplikasi tambahan tersebut diantaranya Snipping Tool, Steps Recorder, Maginifier, Sticky Notes dan Wordpad. Mau tau apa saja fungsi dan cara menggunakaanya ? Yuk simak informasinya berikut.


1. Snipping Tool

Snipping Tools

Snipping Tool merupakan alat yang dapat Sobat gunakan untuk melakukan tangkapan layar atau screenshot secara terpilih. Jadi Sobat bisa pilih atau atur pada objek mana saja yang akan Sobat tangkap. Cara untuk menggunakannya sendiri sangat mudah, Sobat tinggal ketikkan “Snipping Tool” di menu pencarian aplikasi. Jika sudah terbuka Sobat tinggal klik New lalu arahkan pada ojek yang akan di tangkap.

2. Steps Recorder

Step Recorder

Steps Recoder adalah aplikasi tambahan yang berfungsi untuk menangkap aktivitas apa saja yang telah Sobat lakukan selama menggunakan komputer berupa langkah-langkah instruksi beserta gambar. Jadi alat ini bisa Sobat gunakan bila mana Sobat ingin membuat slide tutorial atau langkah-langkah dalam menggunakan software atau lainnya namun malas untuk menyusunya. Untuk menggunakanya sendiri Sobat cukup ketikkan “Step Recorder” pada menu pencarian aplikasi. Jika sudah terbuka, Sobat bisa klik “Start Record” untuk mulai merekam dan klik “Stop Record” jika ingin berhenti merekam. Setelah berhenti merekam nanti akan muncul hasil record secara otomatis. File hasil record pun dapat Sobat simpan.


3. Magnifier

Magnifier

Pernah kesulitan membaca tulisan karena ukurannya kecil ? Nha sekarang Sobat nggak perlu bingung lagi Sob, dengan magnifier Sobat dapat memperbesar ukuran objek layaknya kaca pembesar. Sobat cukup ketik “Magnifier” pada menu pencarian aplikasi dan langsung dapat Sobat gunakan dengan cara klik Zoom In 9Memperbesar) atau Zoom Out (Mengecilkan).

4. Sticky Notes

Sticky Note

Sobat ingin meninggalkan atau membuat catatan di laptop tapi males buka MS Word atau lainnya ? Sticky Notes lah jawabanya. Selain ringan, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan. Cukup ketikkan “Sticky Note” pada menu pencarian aplikasi dan jika sudah terbuka Sobat tinggal klik logo tambah untuk membuat catatan baru.

5. WordPad

WordPad

Untuk yang ini, Gremenmania rasa sudah banyak yang tahu namun juga masih jarang digunakan. WordPad ini merupakan aplikasi bawaan yang memiliki fitur dan kemampuan lebih baik dari Notepad namun masih dibawah Microsoft Word. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan pengolahan kata sederhana dan dapat Sobat gunakan sebagai opsi kedua bila aplikasi pengolah kata pertama seperti MS Word Sobat bermasalah atau eror.


Sekian informasi yang dapat Gremenmania share pada artikel kali ini, semoga bermanfaat tentunya dan selamat mencoba.


Posting Komentarmu

Lebih baru Lebih lama