Tutorial Lengkap Cara Buat Blog di WordPress Bagi Pemula Terbaru


Logo Gambar

Menjadi blogger merupakan salah satu opsi lain bagi beberapa orang untuk meluangkan bakat atau hobi menulis mereka. Selain sebagai hobi, menjadi blogger juga dapat dijadikan pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Terdapat banyak perkerjaan di bidang internet yang dapat Sobat lakukan, salah satunya adalah sebagai blogger. Tidak hanya blogger, menjadi youtuber juga merupakan salah satu kegiatan atau pekerjaan yang banyak digandrungi remaja saat ini. Selain mudah dan menyenangkan, penghasilan yang didapat juga lumayan banyak. 

Logo Gambar 2

Untuk menjadi seorang blogger, tentu kita harus punya blog terlebih dahulu. Kemudian baru kita membuat artikel dan sebagainya untuk menarik perhatian pengunjung untuk berkunjung. Tapi sebelumnya Sobat tau nggak sih bagaimana cara membuat blog ?. Untuk saat ini sendiri terdapat 2 situs penyedia jasa pembuatan blog yang paling popular dan umum digunakan di Indonesia. Dua situs tersebut yakni Blogger dan Wordpress. Kedua situs tersebut sama-sama menawarkan pengalaman dalam pembuatan blog yang mudah dan gratis. Tak heran jika banyak bagi user pemula yang ingin membuat blog pasti memilih antara Blogger atau Wordpress terlebih dahulu. Namun sesuai dengan judul artikel kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat blog di situs Wordpress.com  dengan mudah. Tanpa banyak penjelasan lagi, yuk simak tutorialnya berikut.


1. Pertama, Sobat buka situs resminya terlebih dahulu. https://id.wordpress.com/

2. Bila halaman web sudah terbuka, Sobat klik Mulai Situs Web Anda untuk melanjutkan.

Bila halaman web sudah terbuka, Sobat klik Mulai Situs Web Anda untuk melanjutkan.
3. Pada langkah pendaftaran pertama, isi formulir pendaftaran dengan benar. Isikan email pada Alamat Email Anda. Isikan nama pengguna blog Sobat pada Pilih Nama Pengguna dan setting sandi atau password. Jika sudah klik Buat Akun Anda. Atau juga Sobat bisa klik Lanjutkan Google untuk mendaftar dengan akun Google.

Isi formulirnya dengan benar. Isikan email pada Alamat Email Anda. Isikan nama pengguna pada Pilih Nama Pengguna dan setting sandi atau password. Jika sudah klik Buat Akun Anda. Atau juga Sobat bisa klik Lanjutkan Google untuk mendaftar dengan akun Google.

4. Kemudian pada tab What kind of site are you building? Atau jenis situs apa yang akan Sobat buat. Karena ingin membuat blog maka klik Blog untuk melanjutkan.

Kemudian pada tab What kind of site are you building? Atau jenis situs apa yang akan Sobat buat. Karena ingin membuat blog maka klik Blog untuk melanjutkan.

5. Pilih topik blog sesuai keinginan Sobat, contoh Blogging. Jika sudah klik Lanjutkan.

Pilih topik blog sesuai keinginan Sobat, contoh Blogging. Jika sudah klik Lanjutkan.

6. Kemudian isikan nama situs atau domain blog Sobat. Jika sudah, nanti akan muncul rekomendasi nama domain atau nama situs blog nya. Dari keseluruhan rekomendasi tersebut, terdapat beberapa yang berbayar dan juga ada yang gratis. Jika Sobat menggunakan yang gratis pada umumnya alamat situs akan berkahiran dengan nama "wordpress.com". Sobat tinggal pilih nama alamat situs sesuai keinginan Sobat saja. (Contoh "tugasnyarohman.wordpress.com") Jika sudah klik Pilih untuk melanjutkan.

Kemudian isikan nama blog Sobat. Jika sudah Sobat isikan, kemudian akan muncul rekomendasi nama domain atau nama situs blog nya. Dari keseluruhan rekomendasi tersebut, terdapat beberapa yang berbayar dan juga ada yang gratis. Jika Sobat menggunakan yang gratis pada umumnya alamat situs akan berkahiran dengan nama wordpress.com. Sobat tinggal pilih nama alamat situs sesuai keinginan Sobat saja. (Contoh tugasnyarohman.wordpress.com) Jika sudah klik Pilih.

7. Pada langkah terakhir, Sobat akan disuruh memilih paket fitur yang ditawarkan dalam menggunakan blog di Wordpress. Untuk info lebih jelasnya lagi, Sobat bisa baca sendiri harga dan paket fitur-fiturnya. Namun jika Sobat ingin mencoba yang gratis, Sobat bisa klik Start with a free site.

Pada langkah terakhir, Sobat akan disuruh memilih paket fitur yang ditawarkan dalam menggunakan blog di wordpress. Untuk info lebih jelasnya lagi Sobat bisa baca sendiri harga dan pajet fitur-fiturnya. Namun jika Sobat ingin mencoba yang gratis, Sobat bisa klik Start with a free site.


8. Jika setelah Sobat klik muncul halaman baru atau Dashboard blog seperti gambar berikut. Berarti Blog sudah berhasil di buat Sob.

Jika setelah Sobat klik muncul halaman baru atau Dashboard blog seperti gambar berikut. Berarti Blog sudah berhasil di buat Sob.

9. Sobat tinggal buat artikel baru dengan klik Tulis.

Sobat tinggal buat artikel baru dengan klik Tulis.

10. Sedangkan Jika Sobat ingin melihat informasi mengenai kinerja, statistik atau ingin mengganti profil, slogan, tema blog serta pengaturan-pengaturan lainnya, Sobat bisa klik Situs Saya di pojok kiri atas.

Sedangkan Jika Sobat ingin melihat informasi mengenai kinerja, statistik atau ingin mengganti profil, slogan, tema blog serta pengaturan-pengaturan lainnya, Sobat bisa klik Situs Saya di pojok kiri atas.

11. Well…selamat berkreasi Sob.

Well…selamat berkreasi Sob.


Bagaimana, mudah ya Sob ? Dengan berbagai fitur serta navigasi Wordpress yang mudah tentu memberikan kita banyak manfaat dan semakin mempermudah kita dalam melakukan aktivitas blogging. Tentunya juga dengan kemudahan dalam membuat blog ini semakin membuat banyak orang untuk membangun blog mereka dan menyalurkan ilmu-ilmu mereka agar semakin bermanfaat dan dapat membantu serta menginspirasi banyak orang lain. Ok Sob akhir kata pada artikel kali ini, semoga bermanfaat tentunya dan selamat mencoba. Salam Blogger.


1 Komentar


  1. 10 SITUS RECOMMEND NONTON STREAMING FILM BIOSKOP LK21 | INDOXXI | LAYARKACA 21 | BIOSKOPKEREN | CINEMA21 |JURAGANFILM21 | BIOSKOP21 | NOBARFILM21 | DUNIA21 FREE DOWNLOAD 2019

    cinema21.club
    bioskopkeren21.co
    bioskopxxi.co
    layarbioskop21.net
    layarcinema.club

    indoxx1.best
    gudangfilm21.net
    nontongratis.co
    bioskopindo21.com
    nobarfilm21.co

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama