Bagaimana Sih Penggunaan Media Sosial Yang Baik Dan Benar ? Simak Informasinya Berikut


Logo Gambar

Media sosial merupakan sebuah sarana media berbasis online yang dapat digunakan untuk berkomunikasi , berdiskusi, dan saling berbagi dalam sebuah grup atau forum.  Jika dikelompokkan menjadi beberapa bagian besar, media sosial juga berfungsi sebagai game (Social Game), Publish informasi (Blog, Web, Forum Diskusi), Livestream dan lain-lain. Media sosial ibarat sebuah jembatan besar yang dapat digunakan manusia untuk melakukan aktivitas berkomunikasi di internet yang dapat dilakukan bersama pengguna lain secara bersamaan.

Untuk menunjang aktivitas berinteraksi, para kalangan developer berlomba-lomba untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antar manusia di seluruh dunia. Aplikasi yang di maksud adalah Social Media Apps. Yep, sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang dapat Sobat gunakan untuk berkomunikasi dengan kerabat, teman, atau orang lain di seluruh dunia sekalipun seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, Instgram, Line dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga website yang menyediakan lapak untuk berdiskusi dan berkomunikasi dengan sesama anggota. Dengan banyaknya aplikasi dan website diskusi tersebut, semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan mencari informasi.


Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita tidak boleh lupa untuk selalu bertata krama dengan baik selama kita berinteraksi dengan orang lain. Hal ini dilakukan agar lawan bicara kita tetap nyaman selama berkomunikasi. Selain di kehidupan nyata, di media sosial kita juga tetap harus dengan baik ya Sob dalam menggunakannya. Baik dalam berkomunikasi maupun cara menggunakanya. Banyak manfaat yang kita dapat dengan media sosial selain berkomunikasi, namun dengan penggunaan yang lalai atau tidak benar juga menyebabkan dampak negatif bagi kita sendiri maupun orang lain. Untuk menghindari hal tersebut, kita perlu memperhatikan hal-hal yang dapat menyebabkan kerugian atau masalah bagi kita maupun orang lain dalam menggunakan media sosial. Apa saja kah itu, Yuk simak 7 hal berikut bagaimana penggunaan media sosial yang baik dan benar.

1. Gunakan Sebagaimana Fungsinya.

Gunakan Sebagaimana Fungsinya.
Seperti tujuan pembuatannya sendiri yaitu sebagai alat atau media untuk bekomunikasi, layaknya kita menggunakan media sosial sebagaimana fungsinya. Meski tidak menutup kemungkin kita juga dapat memanfaatanya sebagai sarana promosi atau berdagang juga. Namun point pada nomor 1 ini yang Gremenmania maksud adalah kita jangan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk melakukan kejahatan. Karena baik bagi kita sendiri sudah menimbulkan masalah karena hal tersebut melanggar undang-undang apalagi bagi orang lain karena tentu mereka merasa tidak nyaman dan aman. Oleh karena itu gunakan media sosial secara bijak dan sebagaimana fungsinya ya Sob.

2. Media Sosial Bukan Tempat Untuk Hal Negatif.

Sosial Media Bukan Alat Untuk Hal Negatif.

Hindari konten-konten atau informasi yang tidak benar atau hoax karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah sederhana hingga skala besar. Selalu amati dan cermati informasi yang Sobat baca. Sebaliknya kita juga tidak perlu mengunggah informasi yang belum terbukti kebenarannya apalagi informasi yang jelas tidak benar di media sosial. Media sosial bukanlah tempat untuk melakukan hal-hal negatif dan merugikan. Hal-hal negatif yang dimaksud adalah mengunggah berita hoax yang berujung ketegangan antar agama, suku atau kelompok tertentu, konten pornografi atau melakukan terror kepada user lain. Lebih baik lagi jika media sosial digunakan untuk membahas hal-hal penting dan berdiskusi atau juga bersilahturahmi dengan teman atau keluarga jauh.

3. Bertata Krama Saat Berkomunikasi.

Selalu Bertata Krama Dengan Baik.

Ingat…kita berkomunikasi di dunia maya yang sebagaimana kelihatanya kita terkadang tidak tahu umur atau wajah asli lawan berinteraksi, apalagi dengan orang lain yang baru berkenalan. Oleh karena itu, kita sebaiknya berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga lawan bicara merasa nyaman dan senang. Selain itu, dengan menggunakan bahasa yang baik dan berkomunikasi sebagaimana komunikasi yang baik juga membuat kita terhindar dari sifat buruk dan juga terhindar dari hal-hal berbau kejahatan.

4. Selalu Berhati-hati Dalam Memilih Teman.

 Selalu Berhati-hati Dalam Memilih Teman.

Point ini merupakan hal penting yang mendasar bagi setiap pengguna media sosial. Hal ini dikarenakan jika kita memiliki teman yang kurang baik maka akan memberikan pengaruh yang kurang baik juga sehingga berakibat buruk bagi pergaulan dan kebiasaan sehari-hari. Disisi lain, jika kita berteman dengan orang-orang yang baik maka kita juga dapat pengaruh yang baik pula, baik dari segi ilmu maupun prilaku. Sebab itu, selalu berhati-hati dalam memilih teman dan selalu teliti dan jangan asal konfirmasi permintaan pertemanan dari orang lain.


5. Jaga Informasi Pribadi dan Saring Informasi Terlebih Dahulu.

Selalu Menjaga Informasi Pribadi dan Saring Informasi Terlebih Dahulu.

Dengan banyaknya aplikasi atau website media sosial yang notabenya kebanyakan bersifat publik sehingga membuat informasi  pribadi kita  mudah untuk dilihat oleh pengguna lain, ada baiknya kalau kita berhati-hati dalam berbagi informasi pribadi di media sosial. Karena sudah banyak terjadi kejahatan di medsos yang diawali dari ketertarikan seseorang dengan informasi dan kehidupan pribadi.  Oleh karena itu hati-hati dan bijak lah dalam berbagi informasi pribadi di akun medsos ya Sob.

Jangan lupa juga untuk selalu menyaring terlebih dahulu informasi yang Sobat baca karena semua informasi belum tentu benar. Jangan juga asal share informasi yang belum terbukti kebenarannya. Selain merugikan orang lain dari informasi tidak benar yang dishare, dapat juga terkena sanksi undang-undang karena telah menyebarkan berita hoax. Karena itu, hati-hati ya Sob saat mencari informasi dan selalu cermati dan koreksi terlebih dahulu sebelum share informasi.

6. Instal Aplikasi Media Sosial Seperlunya Saja.

Instal Aplikasi Sosial Media Seperlunya Saja.
Banyaknya aplikasi media sosial di pasar aplikasi terkadang membuat kita bingung untuk menggunakan yang mana. Sebagai pengguna yang hidup di zaman milenial, terkadang pengguna beranggapan bahwa dengan memiliki banyak aplikasi media  sosial dapat membuat aktivitas berkomunikasi jadi lebih mantap dan lebih mudah mencari informasi. Hal tersebut memang bentul, tapi dengan banyaknya aplikasi media sosial yang kita gunakan juga dapat berimbas kurang baik bagi kita. Sebagai contoh memori penyimpanan kita semakin penuh dikarenakan aplikasi yang kita instal semakin banyak. Perlu diketahui, aplikasi media sosial juga pasti perlu melakukan pembaruan sehingga semakin membuat memori penyimpanan menjadi penuh. Jadi alangkah baiknya, gunakan aplikasi seperlunya saja ya Sob. Sobat juga bisa mengganti kebiasaan menggunakan aplikasi secara langsung dengan membuka web media sosial lewat browser. Sehingga Sobat tidak perlu menginstal aplikasinya.

7. Ingat Waktu.

 Ingat Waktu.

Gunakan media sosial pada waktunya. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa terkadang kita sedang sibuk-sibuknya berkomunikasi dengan kolega atau dosen atau sedang berdiskusi sehingga membuat kita enggan meninggalkanya, namun sebaiknya kita perlu berhenti sejenak untuk melakukan hal-hal lain dengan keluarga atau teman. Memang berkomunikasi atau menggunakan aplikasi media sosial sangat lah menyenangkan. Selain berkomunikasi dengan teman, kita juga bisa mencari informasi dan hiburan di media sosial. Contoh saja di Instgram atau Facebook yang sifatnya publik sehingga kita bisa melihat unggahan user atau akun orang lain. Namun di balik sisi positif tersebut, jika kita terus-terusan menggunakan aplikasi sosial media tanpa mengenal waktu maka akan berdampak kurang baik bagi kita. Seperti kita kurang berinteraksi dengan orang sekitar, lupa waktu untuk beribadah atau mengerjakan tugas. Oleh karena itu gunakan media sosial seperlunya saja ya Sob. Jangan terlalu lama dan terus menerus.


Dengan menggunakan media sosial yang bijak dan benar, kita dapat terhindar dari banyak sisi negatif penggunaan media sosial dan tentunya lebih banyak mendapat manfaatnya. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.


Posting Komentarmu

Lebih baru Lebih lama