Tutorial Lengkap Cara Main Game di Emulator PPSSPP Terbaru




Hai Sob..Jumpa lagi dengan Gremenmania pada kesempatan kali ini Gremenmania akan membahas mengenai game Android yang lebih tepatnya lagi Emulator Game. Tapi sebelumnya tahukah Sobat tentang game ?. Apa itu game?.  Menurut Wikipedia, game atau permainan adalah sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang atau olahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa game atau permainan bertujuan untuk menghibur, baik sendiri maupun bersama-sama.

Dalam permainan game digital atau sama dengan topik yang akan kita bahas nanti memiliki jenis-jenis yang berbeda. Jenis –jenis tersebut dapat di bagi berdasarkan Platform atau alat yang digunakan seperti Arcade games, PC atau game komputer, Console games seperti Playstation, Handled game (PSP), Mobile Game atau game yang dimainakan di ponsel. Sedangkan bedasarkan genre permainan yaitu  Shooting, Adventure, Fighting dan lain-lain. Terdapat pula kategori-kategori lain seperti Multiplayer Online ( bermain bersama), Edugames (Game Pendidikan), Casual Games ( Game sederhana) dan Advergames atau game yang memasukkan promosi produk ke dalam sebuah game. Sebutan untuk orang yang bermain game adalah Gamer.

Oke kita masuk ke materi artikel, yaitu cara memainkan game di emulator PPSSPP mulai dari cara download file, menggunakan file game tersebut dan mensetting emulator untuk pengalaman game yang terbaik. Sobat langsung simak tutorialnya berikut.

Baca Juga : Cara Scan Tulisan di Buku Menjadi Teks Ketikan di Android

1. Pertama Sobat download dan instal terlebih dahulu emulator PPSSPP. Sobat bisa download aplikasinya di Playstore.

2. Jika sudah diinstal, Kemudian Sobat download file gamenya. Sobat bisa kunjungi situs freeroms.com atau coolrom.com. Kedua situs tersebut mudah digunakan dan lengkap Sob, untuk tutorial kali ini akan menggunakan situs coolrom.

3. Ketikkan game yang ingin Sobat cari kemudian klik logo pencarian.

Ketikkan game yang ingin Sobat cari kemudian klil logo pencarian.
4. Klik judul game yang Sobat inginkan dan pastikan game tersebut dalam kategori Playstation Portable. (Contoh Medal of Honor Heroes 2)

Klik game yang sobat inginkan dan pastikan game tersebut dalam kategori Playstation Portable. (Contoh Medal of Honor Heroes 2)
5. Geser kebawah  kemudian sobat klik unduh.

Geser kebawah  kemudian sobat klik unduh.
File game hasil download tersebut tidak langsung dapat digunakan, karena untuk memainkan game PSP di emulator PPSSPP file harus berformat iso sehingga Sobat perlu mengekstraknya terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut.

Baca Juga : Atasi Ngelag Saat Main Game di Laptop/PC Dengan Game Booster

- Sobat download dan instal aplikasi RAR. Sobat juga bisa download aplikasinya di Playstore.

- Buka kemudian sobat cari file game yang telah Sobat download tadi.

Buka kemudian sobat cari file game yang telah Sobat download tadi.

- Pilih kemudian klik logo tanda arah panah ke atas untuk mengekstraknya.

Pilih kemudian klik logo tanda arah panah ke atas untuk mengekstraknya.

- Sobat pilih terlebih dahulu tempat file pengekstrakkan. Kemudian klik Ok dan tunggu proses pengekstrakkan hingga selesai.

Sobat pilih terlebih dahulu tempat file pengekstrakkan. Kemudian klik Ok dan tunggu proses pengekstrakkan hingga selesai.

- Kemudian akan didapat file seperti ini setelah diekstrak.

Kemudian akan didapat file seperti  ini setelah diekstrak.

6. Oke lanjut kemudian Sobat buka aplikasi PPSSPP.

Oke lanjut kemudian Sobat buka aplikasi PPSSPP.

7. Cari file game yang sudah diekstrak tadi dan mainkan.

Cari file game yang sudah diekstrak tadi dan mainkan.

Baca Juga : Cara Putar Suara Video di Youtube Seperti Memutar Lagu

Pada saat Sobat pertama kali menggunakannya, settingan pada aplikasi merupakan settingan default sehingga mungkin dan kemungkinan game tidak sepenuhnya berjalan dengan baik sehingga Sobat Gamer perlu menyettingnya terlebih dahulu sesuai dengan spesifikasi Ponsel Sobat untuk kualitas permainan yang baik. Sobat bisa mencoba settingan berikut dengan mengunjungi artikel dibawah ini.

Baca Juga : Cara Setting PPSSPP Untuk Performa Game Terbaik Terbaru 


2 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama