Cara Scan Tulisan di Buku Menjadi Teks Ketikan di Android



Gremenmania logo

Hai Sob...jumpa kembali dengan Gremenmania dimana tip's dan tutorial menarik dapat kalian temukan disini. Sekolah atau kuliah merupakan suatu kebutuhan bagi semua orang, karena dengan bersekolah maka derajat dan ilmu kita dapat bertambah. Dan saat proses belajar, di setiap pembelajaran pasti terdapat sebuah materi yang mengaharuskan kita menulis. Hal ini penting karena dengan mencatat hal atau materi yang telah dijelaskan dapat dipelajari kembali di rumah. Dengan perkembangan globalisasi yang semakin modern, terkadang proses mencatat di buku digantikan dengan mencatat di komputer atau laptop. Biasanya  hal ini sering dilakukan oleh para mahasiswa-mahasiswi. Dan terkadang pula pelajar atau mahasiswa mendapat tugas untuk mengetik materi-materi yang ada di buku kemudian di print kembali.

Bagi pelajar atau mahasiswa yang memang sudah terbiasa atau skill mengetiknya sudah bagus tentu hal ini tidak masalah apalagi jika memang sedang giat-giatnya. Namun bagaimana bagi Sobat Student yang lagi kesulitan atau skill mengetiknya lamban plus ditambah lagi males-malesnya?. Santai Sob..Selaras dengan tema atau judul artikel kali ini, Sobat bisa menggunakan sebuah aplikasi di playstore untuk mengscan tulisan yang ada di buku mapaun file (foto) kemudian di konvert menjadi tulisan berbentuk file seperti ketikan. Sobat student mau tahu caranya, Sobat bisa ikuti tutorialnya dibawah ini.


1. Pertama Sobat download dan instal aplikasi Text Fairy. Sobat bisa download aplikasinya di Play Store

2. Jika sudah, Sobat bisa langsung buka aplikasinya.

Jika sudah, Sobat bisa langsung buka aplikasinya.

3. Jika muncul notifikasi aplikasi meminta perizinan, Sobat klik Izinkan.

Jika muncul notifikasi aplikasi meminta perizinan, Sobat klik Izinkan.

4. Sobat download bahasa terlebih dahulu agar proses scan dapat mudah dimengerti oleh aplikasi. Ukurannya tidak besar koq Sob. (Contoh Indonesia)

Untuk memulai, sebelumnya Sobat download bahasa terlebih dahulu agar proses scan dapat mudah dimengerti oleh aplikasi. Ukurannya tidak besar koq Sob. (Contoh Indonesia)

5. Jika sudah Sobat bisa langsung memulai dengan mengklik logo kamera untuk mengscan tulisan di buku atau lainnya dan logo gambar atau galery untuk mengscan tulisan di gambar atau foto yang sudah tersimpan. (Contoh kamera) 

Jika sudah Sobat bisa langsung memulai dengan mengklik logo kamera untuk mengscan tulisan di buku atau lainnya dan logo gambar atau galery untuk mengscan tulisan di gambar atau foto yang sudah tersimpan. (Contoh kamera)
 
6. Setelah Sobat mengambil gambar, Sobat sesuaikan terlebih dahulu tulisan mana yang akan discan. Jika sudah klik logo tanda arah panah warna biru di pojok kanan bawah.

Setelah Sobat mengambil gambar, Sobat sesuaikan terlebih dahulu tulisan mana yang akan discan. Jika sudah klik logo tanda arah panah warna biru di pojok kanan bawah.

7. Kemudian pilih bahasa diopsi The text is in sesuai dengan bahasa yang digunakan pada kalimat atau tulisan, contoh Indonesia. Jika sudah klik Start.

Kemudian pilih bahasa diopsi The text is in sesuai dengan bahasa yang digunakan pada kalimat atau tulisan, contoh Indonesia. Jika sudah klik Start.

8. Tunggu proses sebentar, Sobat bisa atur atau perbaiki jika ada sedikit kesalahan( pada kata atau kalimat berwarna merah). Biasanya hal ini terjadi dikarenakan saat pengambilan gambar kurang tepat contoh buram atau cahaya yang terlalu terang atau kurang terang. 

Tunggu proses sebentar, Sobat bisa atur atau perbaiki jika ada sedikit kesalahan( pada kata atau kalimat berwarna merah). Biasanya hal ini terjadi dikarenan saat penngambilan gambar kurang tepat seperti buram atau cahaya yang terlalu terang atau kurang terang.

9. Jika sudah, Sobat bisa langsung copy kemudian paste di aplikasi pengolahan kata seperti WPS Office, Microsoft Word atau lainnya.

Jika sudah, Sobat bisa langsung copy kemudian paste di aplikasi ms word atau lainnya.

Bagaimana Sob? Sangat mudah kan. Sobat tidak perlu lagi bingung jika mendapat banyak tugas mengetik materi-materi dari buku lagi. Karena dengan menggunakan cara di atas, tentu mempermudah pengerjaan tugas Sobat. So terimakasih sudah membaca, Sobat bisa komen jika kurang mengerti dan share link atau artikel ini jika bermanfaat. Terimakasih lagi dan sampai jumpa di artikel Gremenmania lainnya.


1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama